Sabtu, 04 Februari 2012

MUSYAWARAH ANTAR DESA (MAD) SOSIALISASI, PRIORITAS, DAN PERGULIRAN DI KECAMATAN SEMATU JAYA TAHUN 2012

         Sehubungan telah dimulainya tahun anggaran 2012, maka proses dan tahapan dalam Program Nasional Pemberdayan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) tahun 2012 diawali dengan kegiatan Musyawarah Antar Desa (MAD), kegiatan MAD ini dilaksanakan karena telah selesainya kegiatan verifikasi usulan kegiatan reguler maupun kegiatan perguliran.
          Sebagaimana undangan yang telah disampaikan ke masing – masing desa bahwa pada hari Kamis tanggal 2 Februari 2012 bertempat di Aula Kecamatan Sematu Jaya dilaksanakan 3 (tiga) agenda kegiatan, yaitu MAD Sosialisasi, MAD Prioritas, dan MAD Perguliran.  Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan MAD ini yaitu sebagai tahapan awal untuk mensosialisasikan tujuan, prinsip, kebijakan, prosedur, maupun hal – hal lain yang berkaitan dengan PNPM – MP serta untuk menyusun dan menetapkan urutan atau peringkat usulan kegiatan dari tiap – tiap desa sesuai skala prioritas yang telah disepakati.


          Pada kesempatan tersebut, PjOK Kecamatan Sematu Jaya PERA KRITHUNI. Y, SP melaporkan bahwa jumlah peserta yang diundang pada kegiatan MAD ini berjumlah ±120 orang, untuk peserta MAD Prioritas sebanyak 42 orang dengan rincian per desa sebanyak 6 orang yang terdiri dari unsur Kepala Desa; Ketua BPD; TPK; dan 3 (tiga) orang dari perwakilan perempuan, Pendamping / Kader Se – sebanyak 21 orang, untuk peserta MAD Perguliran sebanyak 45 orang dengan rincian masing – masing 3 orang per kelompok (sebanyak 15 kelompok), selanjutnya dari BKAD Kecamatan Sematu Jaya sebanyak 7 orang dan 5 orang Tim Verifikasi.    Untuk pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari penuh yaitu pada tanggal 2 Februari 2012 bertempat di Aula Kecamatan Sematu Jaya.  Selain undangan yang berasal dari desa se – Kecamatan Sematu Jaya, pada kegiatan tersebut juga hadir Fasilitator Keuangan Kabupaten Lamandau dan dari Tim Koordinasi PNPM – MP Kabupaten Lamandau.

 
          Selanjutnya Camat Sematu Jaya Drs. BUDI PRASTOWO pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa untuk tahun anggaran 2012 alokasi dana PNPM – MP untuk Kecamatan Sematu Jaya sebesar Rp. 500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rupiah), alokasi tersebut terjadi penurunan jika dibandingkan dari tahun sebelumnya sebesar Rp. 750.000.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Juta Rupiah).  Dari alokasi yang Rp. 500.000.000,- tersebut menurut Camat Sematu Jaya, sebesar Rp. 375.000.000,- dipergunakan untuk membiayai 3 (tiga) kegiatan fisik, sedangkan sisanya sebesar Rp. 125.000.000,- untuk kegiatan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) Reguler.  Ketiga  kegiatan fisik yang terdanai tersebut adalah Pembangunan Posyandu di Desa Bina Bhakti; Pembangunan Gedung TK di Desa Tri Tunggal; dan Peningkatan  Jalan dan Jembatan / Gorong – Gorong di Desa Tri Tunggal, ketiga kegiatan tersebut merupakan sisa kegiatan atau daftar tunggu dari tahun sebelumnya. Menurut Camat Sematu Jaya kegiatan saat ini juga bertujuan untuk melakukan perengkingan dari usulan kegiatan yang diusulkan dari desa – desa, dan untuk kegiatan ini nantinya akan direalisasikan mulai dari tahun 2013.  Setelah memberikan arahan, pada kesempatan selanjutnya Camat Sematu Jaya membuka secara resmi kegiatan MAD Sosialisasi, Priorotas, dan Perguliran di Kecamatan Sematu Jaya Tahun 2012 ini secara resmi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar